Kuatkan Literasi Digital, Spensa Bangun SI PELIT (Sistem Pengelolaan Penguatan Literasi Digital) Berbasis Aplikasi E-Hascaria Library dan Jurnal Literasi Online

Penggunaan Aplikasi E-Hascaria sebagai bagian dari SI PELIT oleh siswa

 

Cilacap – Proses peluncuran SI PELIT (Sistem Pengelolaan Penguatan Literasi Digital Berbasis Aplikasi E-Hascaria Library dan Jurnal Literasi Online di SMP Negeri 1 Cilacap telah dilaksanakan sejak Agustus 2021. Sistem pengelolaan penguatan literasi digital (SI PELIT) ini merupakan sistem pengelolaan layanan yang dirancang untuk memperkuat kegiatan literasi di SMP Negeri 1 Cilacap berbasis aplikasi digital E-Hascaria Library dan Jurnal Literasi Online.

 

Menurut Bapak Kasidin selaku Kepala SMP Negeri 1 Cilacap, “Sistem ini berupa pengelolaan kegiatan literasi berbasis digital yang melibatkan unsur siswa, guru, perpustakaan, tim literasi, komite sekolah, dan masyarakat. Sistem ini dibangun untuk mempermudah seluruh warga sekolah mengakses layanan pinjam, baca, dan membuat jurnal hasil literasi online. Harapannya, dengan penguatan sistem literasi digital, terbangun masyarakat berjejaring dan terkoneksi dimanapun, kapanpun, dan siapapun. Sistem Pengelolaan Penguatan Literasi Digital dapat mendukung terbentuknya Smart City dan memberikan layanan publik lebih optimal” begitu ungkapnya.

 

Sejalan dengan Bapak Kasidin, S.Pd., Ibu Retno Srimurtini selaku Kepala Perpustakaan Hascaria SMP Negeri 1 Cilacap menambahkan, “Program perancangan E-Hascaria merupakan upaya SMP Negeri 1 Cilacap menyikapi tumbuhnya semangat perubahan dan merdeka belajar di era digital ini. Berbagai sistem aplikasi perpustakaan saat ini tidak dilengkapi dengan jurnal literasi, oleh karena itu, sistem pengelolaan penguatan literasi ini dilengkapi dengan jurnal hasil literasi online.”

 

Lebih lanjut, disampaikan bahwa implementasi program ini mencakup aktivitas literasi seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9 serta seluruh warga sekolah melalui telepon genggam masing-masing setelah mendapat pengarahan dari petugas Perpustakaan Hascaria. Secara bertahap, e-book yang ditampilkan juga akan terus diperbaiki, dikembangkan, dan dievaluasi secara berkala agar terjaga pemanfaatannya. Selain aktivitas literasi,dilakukan upaya penguatan GEMARAME (Gemar Membaca Gemar Menulis) melalui pengisian jurnal literasi secara online.

 

Berdasarkan hasil kajian, dampak adanya sistem pengelolaan penguatan literasi digital ini adalah peningkatan jumlah buku yang dibaca, meleknya siswa dengan teknologi serta meningkatnya rasa ingin tahu warga sekolah dalam berliterasi. Apabila melalui buku siswa ataupun guru merasa bosan, melalui aplikasi ini warga sekolah merasa lebih senang karena bisa membaca melalui ponsel masing-masing. Selain itu, kontrol dan pengawasan terhadap bahan bacaan lebih terjaga. Melalui jurnal online, perlahan terbangun kemampuan menulis lebih baik.

Semangat membaca, semangat berliterasi. - ir -

 

Lebih lanjut BUKU PANDUAN SI PELIT dapat diakses pada link berikut :

Linktr.ee/sipelit

BUKU PANDUAN SI PELIT (link https://drive.google.com/file/d/1XLrfYg_IRg9YlSca7Q74QUmrNJM_WwCz/view?usp=sharing)